title: HUBUNGAN PELAKSANAAN PRAKTIKUM DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 16 BANDAR LAMPUNG PADA MATERI EKOSISTEM creator: NUNING WIDYA ASTUTI, 1513024015 subject: 370 Pendidikan subject: 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pelaksanaan praktikum dan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 16 Bandar Lampung pada materi ekosistem. Sampel penelitian adalah kelas X MIA 6 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Data penelitian berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, angket, dan ulangan harian. Analisis data menggunakan teknik analisis korelasi pearson dan regresi menggunakan program SPSS Statistics 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara pelaksanaan praktikum terhadap hasil belajar (r=0,997; p 0,47<0,05), ada hubungan antara keterampilan proses sains terhadap hasil belajar (r=0,755; p 0,050=0,05), dan tidak ada hubungan antara pelaksanaan praktikum dan keterampilan proses sains secara simultan terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 16 Bandar Lampung pada materi ekosistem (sig 0,301>0,05). Kata kunci: hubungan, praktikum, keterampilan proses sains, hasil belajar, ekosistem publisher: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2019 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/59352/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/59352/2/SKRISPI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/59352/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: NUNING WIDYA ASTUTI, 1513024015 (2019) HUBUNGAN PELAKSANAAN PRAKTIKUM DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 16 BANDAR LAMPUNG PADA MATERI EKOSISTEM. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/59352/