TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints59355 UR - http://digilib.unila.ac.id/59355/ A1 - SITI MARPU?AH, 1513024002 Y1 - 2019/// N2 - Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh penggunaan model problem based learning kemampuan literasi sains peserta didik pada materi pokok ?Perubahan Lingkungan?. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Ambarawa Kabupaten Pringsewu. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar pretes-postes dan angket tanggapan peserta didik terhadap model problem based learning. Desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent pretest-posttest control group design. Hasil nilai pretes-postes dan n- Gain dianalisis dengan uji Independent Sample t-test dan hasil angket tangapan peperta didik akan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari pembelajaran menggunakan model problem based learning terhadap kemampuan literasi sains peserta didik. Hasil kemampuan literasi sains peserta didik menggunakan model problem based learning iii berpengaruh signifikan pada kelas eksperimen. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi pokok ?perubahan lingkungan?. Kata kunci: kemampuan literasi sains, problem based learning, perubahan lingkungan. PB - FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Ambarawa Tahun Pelajaran 2018/2019) AV - restricted ER -