TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints59356 UR - http://digilib.unila.ac.id/59356/ A1 - VENNY SEPTI KURNIAWAN, 1513023008 Y1 - 2019/// N2 - Penelitian yang dilakukan di SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas Pre-Lecture Quiz (PLQ) dalam meningkatkan keterampilan berpikir elaborasi siswa pada materi larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pretest-postest control group design. Populasi yang digunakan yaitu seluruh kelas XI IPA. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Data keterampilan berpikir elaborasi siswa dianalisis menggunakan SPSS 17.0 for windows. Efektivitas pre-lecture quiz dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata pre-lecture quiz pada setiap pertemuanya serta besarnya nilai n-Gain, didukung uji ukuran pengaruh. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan pre-lecture quiz pada kelas eksperimen meningkat, selain itu hasil perhitungan rata-rata n-Gain keterampilan berpikir elaborasi siswa di kedua kelas menunjukan bahwa nilai n-Gain kelas ekperimen lebih tinggi daripada nilai siswa di kelas kontrol. Hasil p e n g u j i a n e f f e c t s i z e menunjukkan bahwa effect size. kelas eksperimen sebesar 0,78 yang iii dikategorikan ?tinggi?. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan prelecture quiz efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir elaborasi siswa pada materi larutan penyangga. Kata kunci: pre-lecture quiz, berpikir elaborasi siswa, larutan penyangga PB - FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS PRE-LECTURE QUIZ DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ELABORASI SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA AV - restricted ER -