creators_name: IRWAN SETIAWAN, 1313053077 creators_id: - type: other datestamp: 2022-04-13 07:22:06 lastmod: 2022-04-13 07:22:06 metadata_visibility: show title: PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS V SD NEGERI 10 METRO PUSAT ispublished: pub subjects: 370 subjects: 372 full_text_status: restricted abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran PKn siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa melalui penerapan pendekatan konstruktivistik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Alat pengumpul data yang digunakan berupa lembar observasi dan soal tes formatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes dan teknik tes. Teknik analisis data berupa analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan konstruktivistik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn. Aktivitas siswa pada siklus I mendapat katagori “CukupAktif”, dan pada siklus II meningkat menjadi “Aktif”. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I memiliki katagori “Tinggi” dan meningkat padas iklus II menjadi “Sangat Tinggi”. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar PKn, pendekatan konstruktivistik The problem in this research is the low activity and learning outcomes of students Civics subjects. The purpose of this study is to improve the activities and learning outcomes of Civics students through the application of constructivist approaches. This type of research is Classroom Action Research (CAR). Data collection tools used in the form of observation sheets and formative test questions. Data collection techniques were carried out using nontest and test techniques. Data analysis techniques in the form of qualitative data analysis and quantitative data analysis. The results show that the application of constructivist approaches can improve civic learning activities and outcomes. Activities of students in the first cycle got the category "Enough", and in the second cycle increased to "Active". The average student learning outcomes in the first cycle has a category of "High" and increased on cycle II to "Very High". Keywords: activities, civics learning outcomes, constructivist approaches date: 2019 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: IRWAN SETIAWAN, 1313053077 (2019) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS V SD NEGERI 10 METRO PUSAT. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/59357/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/59357/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/59357/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf