title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBEL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 03 TITIWANGI LAMPUNG SELATAN creator: Iskandar, 1513069050 subject: 370 Pendidikan subject: 372 Pendidikan dasar description: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V dan penerapan model pembelajaran Scramble. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik dengan menggunakan model pembelajaran scrambel. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classoom action reseach). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 03 Titiwangi Lampung Selatan yang berjumlah 24 peserta didik. Metode pengumpulan data adalah : 1) Tes, 2) Observasi, 3) Dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah statistik deskriptif kualitatif yaitu dengan mencari rerata. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran scrambel pada pembelajaran tematik materi tema 1 organ gerak hewan dan manusia sub tema 1 organ gerak hewan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rata-rata persentase hasil belajar peserta didik siklus 1 sebesar 85,00 % dan siklus 2 sebesar 87,50 %. Kata kunci: hasil belajar, tematik, scramble. The problem in this research are the low learning results of grade V students and the application of the Scramble learning model. The purpose of this research is to improve student learning results in thematic learning by using a scrambel learning model. This research method is a class action research (classroom action research). The subjects of this research were the students of class V SD Negeri 03 Titiwangi, South Lampung, with a total of 24 students. The data collection methods are: 1) Tests, 2) Observation, 3) Documentation. The technique used to analyze data is qualitative descriptive statistics by looking for the mean. The conclusion of this research is the application of the scrambel learning model on thematic learning with the 1 theme of the organ of animal and human and the 1 sub theme the organs of animal can improve student learning result. The average percentage of student learning result in cycle 1 was 85.00 % and cycle 2 was 87.50%. Keywords: learning result, thematic, scramble. publisher: FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN date: 2019 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/59360/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/59360/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/59360/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: Iskandar, 1513069050 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBEL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 03 TITIWANGI LAMPUNG SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/59360/