TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints59372 UR - http://digilib.unila.ac.id/59372/ A1 - Nindya Augesti, 1518011191 Y1 - 2019/06/17/ N2 - Latar belakang Setiap individu memiliki karakteristik dan ciri khas tersendiri dalam berperilaku maupun dalam proses belajar. Karakteristik yang khas dari seorang individu tersebut disebut kepribadian. Terdapat dua tipe kepribadian pada penelitian ini yaitu kepribadian tipe A dan kepribadian tipe B. Tipe kepribadian seorang mahasiswa dapat menentukan prestasi akademik yang nantinya juga berpengaruh pada pelayanan yang akan mereka berikan di masa mendatang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tipe kepribadian terhadap prestasi akademik pada mahasiswa angkatan 2015 di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Metode penelitian Penelitian ini menggunakan metode analitik dengan pendekatan cross-sectional study. Sampel penelitian ini terdiri dari 136 mahasiswa angkatan 2015 ditentukan dengan total sampling. Penelitian ini menggunakan alat ukur berupa kuesioner Tipe Kepribadian Friedman dan Rosenman dan data Indeks Prestasi Kumulatif. Analisis data menggunakan uji Chi-Square. Hasil Hasil penelitian menunjukan bahwa tipe kepribadian mahasiswa angkatan 2015 yaitu tipe kepribadian A (53.7%) serta untuk indeks prestasi kumulatif sebagian besar dalam kategori sangat memuaskan (51,5%). Berdasarkan analisis bivariat dengan uji Chi-Square didapatkan nilai p 0,001 (<0,05) artinya didapatkan hubungan yang bermakna. Simpulan Terdapat hubungan antara Tipe Kepribadian dengan Prestasi Akademik mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung angkatan 2015. Kata Kunci: Indeks prestasi kumulatif (IPK), kepribadian, mahasiswa Background Every person has their own characteristics that affect their behavior in learning process. The particular characteristics of an individual are called personalities. There are two personality types in this study, namely type A personality and type B personality. The personality type of a student determine academic achievement that also influence their service as a doctor in the future. The purpose of this study was to determine the relationship of personality types to academic achievement in students class of 2015 in Medical Faculty Lampung University. Methods This study used an analytical research method with a cross sectional study approach. Sample of this study consist of 136 students from the class of 2015 determined by total sampling. This study used a Personality Type Friedman and Rosenman questionnaire and Grade Point Avarage (GPA) dataThe data were analized by using Chi-Square test. Results This study showed that the type A personality is 53.7% and 51.5% are having very good GPA score. Acording to chi-square analitic, there was a significant relationship for the result of this study (p=0.001) Conclusion There was a significant relationship between type of personality and GPA score of medical student of Lampung University class of 2015. Keyword: Grade point avarage (GPA), medical students, personality PB - Fakultas Kedokteran TI - HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN MAHASISWA DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG ANGKATAN 2015 AV - restricted ER -