@misc{eprints59373, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019)}, author = {1513021043 NADILA RIZKIANA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2019}, url = {http://digilib.unila.ac.id/59373/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TPS ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi pe- nelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 19 Bandarlampung semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII-E dan VII-J yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Desain yang digu- nakan adalah the randomized pretest-posttest control group design. Data peneliti- an berupa skor kemampuan komunikasi matematis yang diperoleh melalui tes bentuk uraian pada materi perbandingan. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang menggunakan uji-t dan uji proporsi diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, komunikasi matematis, think pair share} }