creators_name: NADILA RIZKIANA, 1513021043 creators_id: - type: other datestamp: 2022-04-13 01:11:51 lastmod: 2022-04-13 01:11:51 metadata_visibility: show title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019) ispublished: pub subjects: 540 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TPS ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi pe- nelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 19 Bandarlampung semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII-E dan VII-J yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Desain yang digu- nakan adalah the randomized pretest-posttest control group design. Data peneliti- an berupa skor kemampuan komunikasi matematis yang diperoleh melalui tes bentuk uraian pada materi perbandingan. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang menggunakan uji-t dan uji proporsi diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, komunikasi matematis, think pair share date: 2019 date_type: published publisher: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: NADILA RIZKIANA, 1513021043 (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019). FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/59373/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/59373/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/59373/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf