%0 Generic %A NURMALA, 1413023048 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:59376 %I FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SiMaYang DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI ASAM BASA %U http://digilib.unila.ac.id/59376/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran SiMaYang dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional serta ukuran pengaruh model pembelajaran SiMaYang dalam meningkatkan keterampilan proses sains pada materi asam basa. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pretest postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 16 Bandarlampung. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling sehingga diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Pengaruh model pembelajaran SiMaYang diukur berdasarkan uji-t n-Gain keterampilan proses sains siswa serta uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan proses sains siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,79 dan 0,57. Ukuran pengaruh model pembelajaran SiMaYang sebesar 0,94 dengan kategori “besar”. Berdasarkan pengujian hipotesis, diketahui bahwa model pembelajaran SiMaYang memiliki pengaruh yang tinggi dalam meningkatkan ke- Nurmala iii terampilan proses sains siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional serta pada kelas eksperimen 94% peningkatkan keterampilan proses sains pada materi asam basa dipengaruhi oleh model pembelajaran SiMaYang. Kata kunci : model pembelajaran SiMaYang, keterampilan proses sains, ukuran pengaruh (effect size).