TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints59380 UR - http://digilib.unila.ac.id/59380/ A1 - SHOLIHATIN , 1513022051 Y1 - 2019/// N2 - Kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan kemampuan yang penting dimiliki peserta didik di abad 21. Sementara itu, pada abad 21 perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangatlah pesat. Pemanfaatan TIK berupa media sosial telah menyebar segala aspek termasuk pendidikan. Media sosial berupa Mobile Instant Messaging (MIM) berupa aplikasi WhatsApp paling banyak digunakan, sehingga WhatsApp potensial digunakan dalam pembelajaran kolaboratif. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan Mobile Instant Messaging (MIM) pada pembelajaran materi Hukum Newton terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. Metode penelitian menggunakan pre experimental design dengan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest. Penelitian ini dilakukan di SMA Islam Kebumen Tanggamus pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Populasinya Sholihatin iii adalah kelas X MIA yang berjumlah 91 peserta didik. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas X MIA 1 dan X MIA 3 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan nilai N-gain dan uji paired sample statistic. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan MIM berupa WhatsApp pada pembelajaran materi Hukum Newton berpengaruh terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Hasil perhitungan nilai N-gain tertinggi pada indikator C4 sebesar 0,69. Sementara N-gain indikator C5 sebesar 0,32 dan C6 sebesar 0,36 dan rata-rata N-gain totalnya sebesar 0,41 yang termasuk dalam kategori sedang. Kata kunci: Mobile Instant Messaging (MIM), Treatment, WhatsApp, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi PB - FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PEMANFAATAN MOBILE INSTANT MESSAGING (MIM) PADA PEMBELAJARAN MATERI HUKUM NEWTON TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI AV - restricted ER -