%0 Generic %A Anwar Rosidi, 1513053109 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:59388 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI SE-GUGUS MELATI KECAMATAN METRO PUSAT %U http://digilib.unila.ac.id/59388/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika kelas IV SD Negeri Se-Gugus Melati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar. Jenis penelitian yaitu ex-postfacto korelasi. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan skala Likert. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan multiple correlation nilai koefisien korelasi sebesar 0,400 bertanda positif dengan kriteria cukup kuat. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika. Kata Kunci: kebiasaan belajar, konsep diri, matematika The problem of this study was the low of mathematics learning outcomes of the fourth grade of SD Melati Cluster. This study aims was to determine the positive and the significant relationship between self-concept and study habits with learning outcomes. The type of the research was ex-postfacto correlation. The instrument of the data collection used a questionnaire with a Likert scale. The data analysis used product moment correlation and multiple correlation correlation coefficient 0,400 at the level of strong enough. The results of the study concluded that there was a positive and significant relationship between selfconcept and learning habits with mathematics learning outcomes. Keywords: mathematics, self-concept, study habits