%0 Generic %A TITA NUR FADHILA, 1513023033 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:59389 %I FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN POGIL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI GARAM MENGHIDROLISIS %U http://digilib.unila.ac.id/59389/ %X Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran POGIL untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi garam menghidrolisis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Natar semester genap Tahun Pelajaran 2018/2019, dan sampel penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol. Metode dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-gain keterampilan proses sains (KPS) siswa di kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran POGIL sebesar 0,7 berkriteria tinggi sedangkan rata-rata n-gain KPS siswa di kelas kontrol yang iii diterapkan model pembelajaran konvensional sebesar 0,49 berkriteria sedang. Hal tersebut menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata n-gain KPS yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran POGIL efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi garam menghidrolisis. Kata kunci: model pembelajaran POGIL, keterampilan proses sains (KPS), garam menghidrolisis.