%0 Generic %A Muhammad Aviv Adhitya Putra Pratama, 1516021082 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:59395 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %T PELAYANAN PUBLIK TERPADU DALAM BIDANG PERIZINAN MELALUI ELECTRONIC GOVERNMENT MUHAMMAD JURUSAN ILMU PEMERINTAHAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PUBLIK TERPADU DALAM BIDANG PERIZINAN ELECTRONIC GOVERNMENT DI KOTA METRO %U http://digilib.unila.ac.id/59395/ %X Providing face-to-face services raises problems such as inefficient time, greater costs and provides a loophole for illegal levies, therefore the Metro City Government innovates integrated public service delivery in the licensing sector through electronic government. Integrated public service in the licensing sector through electronic government aims to realize good governance in an effort to minimize the practice of illegal levies that may occur in service manually. The type of research used is descriptive based on qualitative data analysis. The researcher focused on aspects of support, capacity, value, transparency, effectiveness and efficiency collected by conducting interviews, observation, and documentation.The results of the research on the aspects of support are running well in the provision of infrastructure, but in allocating inadequate quantity of human resources, it can be seen from the lack of staff, especially in the Bidang Pengaduan. The capacity aspect from the financial side is inadequate because the E-Perizinan server is done by renting to hosting services, while in terms of increasing apparatus competency, it has been done through workshops. The results of the value element indicate that E-Perizinan provides benefits to the community and organizers in the form of easy licensing applications. The result of the principle of Transparency is the disclosure of information and preventing corruption through CCTV. E-Perizinan makes service more effective and efficient but field surveys are still carried out offline Keyword : Public Service, License, Electronic Government, Good Governance Pemberian pelayanan secara tatap muka menimbulkan permasalahan seperti waktu yang tidak efisien, biaya yang lebih besar dan memberikan celah pungutan liar, oleh karena itu Pemerintah Kota Metro melakukan inovasi penyelenggaraan pelayanan publik terpadu dalam bidang perizinan melalui electronic government. Pelayanan publik terpadu dalam bidang perizinan melalui electronic government bertujuan untuk mewujudkan good governance sebagai upaya meminimalisir praktik pungutan liar yang mungkin terjadi pada pelayanan secara manual. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif didasarkan pada analisis data kualitatif. Peneliti memfokuskan pada aspek support, capacity, value, transparansi, efektivitas dan efisiensi yang dihimpun dengan cara melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada aspek support berjalan dengan baik dalam penyediaan infrastruktur tetapi dalam pengalokasian sumber daya manusia secara kuantitas belum memadai terlihat dari kekurangan jumlah staf khususnya di bidang pengaduan pelayanan. Aspek capacity dari sisi finansial belum memadai karena server E-Perizinan dilakukan dengan menyewa kepada jasa hosting, sedangkan dari sisi peningkatan kompetensi aparatur telah dilakukan melalui workshop. Hasil elemen value menunjukkan bahwa E-Perizinan memberikan manfaat bagi masyarakat dan penyelenggara berupa kemudahan permohonan perizinan. Hasil prinsip Transparansi adalah keterbukaan informasi dan mencegah korupsi melalui cctv. E-Perizinan menjadikan pelayanan lebih efektif dan efisien akan tetapi survey lapangan masih dilakukan secara offline Kata Kunci : Pelayanan Publik, Perizinan, Electronic Government, Good Governance