%0 Generic %A Tanzirul Evendi, 1513024016 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:59401 %I FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI KUNCI DIKOTOMI BERBASIS ANDROID UNTUK IDENTIFIKASI PROTISTA (PROTOZOA) %U http://digilib.unila.ac.id/59401/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kunci dikotomi protozoa pada android sebagai media pembelajaran untuk membantu peserta didik dalam mengidentifikasi protozoa selama pengamatan. Penelitian menggunakan model ADDIE (Analyse, Design, Develop, Implementation, Evaluate). Media pembelajaran dikembangkan menggunakan App Inventor 2 dan melalui tahap validasi materi, validasi media, dan penilaian pendidik, peserta didik, serta mahasiswa selaku responden dalam penelitian ini menggunakan angket. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa tanggapan responden yang dikumpulkan melalui angket yang selanjutnya dianalisis menggunakan skala likert dan diinterpretasikan secara kualitatif. Data kualitatif meliputi skala penilaian dan tanggapan dari responden. iii Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil media pembelajaran yang dikembangkan secara keseluruhan memenuhi kriteria kelayakan dengan kategori sangat layak setelah divalidasi. Validasi materi dengan persentase 87%, validasi media dengan persentase 93%, validasi oleh pendidik dengan persentase 86%, dan validasi oleh peserta didik serta mahasiswa dengan persentase 88%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran kunci dikotomi berbasis android yang dikembangkan pada penelitian ini dapat dikategorikan sangat layak sebagai salah satu media pembelajaran dalam pembelajaran biologi, khususnya materi protozoa. Kata kunci: App Inventor 2 (AI2), kunci dikotomi, protozoa