TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints59404 UR - http://digilib.unila.ac.id/59404/ A1 - KEKE MILA KESUMA. M, 1513069069 Y1 - 2019/// N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SD Negeri 56 Gedongtataan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik peserta didik kelas IV SD Negeri 56 Gedongtataan dengan menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus memiliki empat tahapan kegiatan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 56 Gedongtataan Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran dengan subjek berjumlah 22 orang peserta didik. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa ada peningkatan penggunaan model Pembelajaran Team Assisted Individualiztion terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SD Negeri 56 Gedongtataan. Hal ini ditunjukan dengan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Pembelajaran Team Assisted Individualiztion lebih tinggi dari nilai rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan model Pembelajaran Team Assisted Individualiztion. Kata Kunci : hasil belajar, team assisted tndividualization. PB - FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENERAPAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 56 GEDONGTATAAN KECAMATAN GEDONGTATAAN KABUPATEN PESAWARAN AV - restricted ER -