%0 Generic %A Nur Amanatun Khoiriah, 1713034050 %C Universitas Lampung %D 2022 %F eprints:59408 %I FKIP %T KENDALA GURU DALAM PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI KOTA BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/59408/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kendala yang dihadapi guru geografi dalam melakukan penilaian autentik yaitu pemahaman guru geografi tentang penilaian autentik, instrumen penilaian autentik, alokasi waktu, dan sarana dan prasarana. Metode yang digunakan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan strategi studi naratif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran geografi di SMA Negeri 3 Bandar Lampung, SMA Negeri 10 Bandar Lampung, dan SMA Negeri 14 Bandar Lampung. Pengambilan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif tanpa menggunakan rumusan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pemahaman penilaian autentik tidak menjadi kendala dalam pelaksanaan penilaian autentik. (2) Instrumen penilaian belum menjangkau pelaksaan penilaian autentik secara tuntas mengenai penilaian afektif. (3) Alokasi waktu belum menjangkau pelaksaan penilaian autentik secara tuntas mengenai penilaian afektif dan penilaian kognitif. (4) Sarana dan prasarana yang di sediakan oleh sekolah sudah mencukupi sehingga guru dapat dengan mudah memanfaatkan sarana dan prasarana dalam menunjang kegiatan pembelajaran. Sarana menjadi kendala dalam pelaksanaan penilaian autentik. Kata Kunci : kendala, penilaian autentik, pembelajaran geografi.