TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints5944 UR - http://digilib.unila.ac.id/5944/ A1 - Feri Kusnun Cahyo, 1013053055 Y1 - 2014/10/15/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe peer lessons dengan media flipchart. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi motivasi belajar, sikap, dan psikomotor siswa, serta instrumen penilaian kinerja guru (IPKG), dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe peer lessons dengan media flipchart dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. This research is motivated by low motivation and student learning outcomes in an integrated thematic subjects. This research aims to increase students motivation and learning result by implementing active learning strategies type peer lessons with flipchart media. The method of research was classroom action research that consist of plans, actions, observation, and reflection. The technique of data collection used non test and test. The results of research showed that implementation of active learning strategies type peer lessons with flipchart media can improve motivation and learning result of student. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lessons dengan Media Flip Chart pada Siswa Kelas IVA SD Negeri 1 Nunggalrejo Tahun Pelajaran 2013/2014 AV - restricted ER -