%A 1513053023 AAN KURNINGSIH %T PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 5 JATIMULYO %X Masalah penelitian ini adalah hasil belajar IPA peserta didik kelas V SD Negeri 5 Jatimulyo masih rendah. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group desain. Populasi adalah seluruh peserta didik kelas V A, B dan C yang berjumlah 91 peserta didik. Sampel pada penelitian dipilih secara random yaitu peserta didik kelas VA dan VB. Teknik pengumpulan data adalah tes dan observasi, analisis data menggunakan Uji-t dan Regresi Linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan dan pengaruh hasil belajar IPA antara kelas yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pembelajaran konvensional. Kata kunci: hasil belajar IPA, inkuiri terbimbing, tematik. ABSTRACT THE INFLUENCE OF GUIDED INQUIRY LEARNING MODEL TO THE IPA RESULT STUDY IN THEMATIC LEARNING AT FIVE GUIDED OF SD N 5 JATIMULYO by AAN KURNINGSIH The problem in this research is the low science study result of the students at fifth grade of SDN 5 Jatimulyo. This study aims to determine the effect of guided inquiry model on IPA study result. This research is quantitative, quasi experimental with nonequivalent control group design. Population is students of class VA, VB, VC, with 91 students. The samples with randomly sampling are students from class VA and VB. This research is using test and observation. Data analysis was done t-test and linear regression. The results showed there is difference and influence in learning of IPA in the class using a guided inquiry model with conventional learning. Keywords: result of study IPA, guided inquiry, thematic. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints59469