@misc{eprints59479, title = {HUBUNGAN ANTARA KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN AGRESIVITAS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019}, author = {1413052037 Laila Aziz}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2019}, url = {http://digilib.unila.ac.id/59479/}, abstract = {Permasalahan dalam penelitian ini adalah agresivitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keharmonisan keluarga dengan agresivitas siswa di SMA Negeri 10 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian bersifat kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 270 siswa dan penelitian berjumlah 135 siswa diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala keharmonisan orang tua dan skala agresivitas. Teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan negatif antara keharmonisan orang tua dengan agresivitas dengan nilai korelasi rhitung= - 0,418 {\ensuremath{>}} rtabel= 0,169 taraf signifikasi p=0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan negatif yang signifikan antara keharmonisan keluarga dengan agresivitas siswa. Artinya semakin rendah keharmonisan keluarga maka akan semakin tinggi perilaku agresifnya. Katakunci: bimbingan dan konseling, keharmonisan keluarga, agresivitas. The problem in this study is the aggressiveness of students. This study aims to determine the relationship between family harmony with the aggressiveness of students in SMA Negeri 10 Bandar Lampung Academic Year 2018/2019. The research method is quantitative. The study population was 270 students and the research amounted to 135 students taken by purposive sampling technique. Data collection techniques use a scale of parental harmony and scale of aggressiveness. The data analysis technique uses Product Moment correlation. The results showed that there was a significant and negative relationship between the harmony of parents and aggressiveness with the correlation value r = -0.418{\ensuremath{>}} rtable = 0.169 significance level p = 0.05 then Ha was rejected and Ho accepted. The conclusion of this study is that there is a significant negative relationship between the harmony of parents and the aggressiveness of students. This means that the lower the harmony of parents, the higher the aggressive behavior. Keywords: guidance and counseling, harmony of parents, aggressiveness.} }