%0 Generic %A HERMAWATI, 1113137008 %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:5948 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 GUNUNG RAYA TAHUN PELAJARAN 2014/2015 %U http://digilib.unila.ac.id/5948/ %X ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Gunung Raya Tahun Pelajaran 2013/2014. Tujuan dalam penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw siswa kelas IV SD Negeri 1 Gunung Raya Lampung Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang difokuskan pada situasi kelas yang lazim dikenal Classroom Action Research. Penelitian ini dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas dengan menggunakan siklus-siklus tindakan, yang berlangsung sebanyak 3 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi untuk data aktivitas belajar dan tes untuk hasil belajar. Teknis analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 50,31. termasuk dalam kualifikasi “Cukup Aktif”. Pada siklus II aktivitas siswa meningkat menjadi 72,84 termasuk dalam kualifikasi “Aktif”. Pada siklus III aktivitas siswa 90,66 dengan kualifikasi “Sangat Aktif”. Hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 64,81. Siklus II sebesar 74,62 dan siklus III sebesar 77,59. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.