%A 1513053132 LENI LAFENIA %T PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 SURABAYA %X Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA peserta didik masih rendah pada kelas V SD Negeri 1 Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model kooperatif tipe SAVI terhadap hasil belajar IPA peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 1 Surabaya, sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan nilai fokus pembelajaran terendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan dan positif dari penggunaan model kooperatif tipe SAVI terhadap hasil belajar IPA peserta didik. Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Model Kooperatif Tipe SAVI. The problem in this study is the students' learning outcomes in science are still low in class V of SD 1 Surabaya. The purpose of this researcg was to determine the effect of the usage of cooperative model in type SAVI on student learning outcomes in science. The research method used was quasi-experimental with a post-test only control group design. The population of this research was all fifth grade students of SD Negeri 1 Surabaya, used with a purposive sampling technique based on the value of the lowest learning focus. The technique of collecting data uses tests and observations. The data analysis technique used simple linear regression and t test. The results of this study indicate that there is a significant and positive effect of the use of the SAVI type cooperative model on students science learning outcomes. Keywords: Learning Outcomes, Science , SAVI Type Cooperative Model. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %I FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints59491