TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints59499 UR - http://digilib.unila.ac.id/59499/ A1 - Liling Desi Kusmara, 1513053034 Y1 - 2019/// N2 - Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik, khususnya dalam pembelajaran tematik. Hal tersebut disebabkan oleh kebiasaan belajar peserta didik masih ada yang kurang baik dan pemberian reward dari pendidik yang kurang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar, hubungan yang positif dan signifikan antara pemberian reward dengan hasil belajar, hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan pemberian reward, serta hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan pemberian reward secara bersama-sama dengan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 6 Metro Barat. Jenis penelitian yaitu ex- postfacto korelasi. Populasi berjumlah 97 peserta didik dan sampel penelitian berjumlah 97 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, kuesioner (angket), dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan multiple correlation. Berdasarkan analisis yang dilakukan hasil penelitian dapat disimpulkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar yaitu berada pada taraf sedang, ada hubungan yang positif dan signifikan antara pemberian reward dengan hasil belajar yaitu berada pada taraf rendah, ada hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan pemberian reward yaitu berada pada taraf sedang, dan ada hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan pemberian reward secara bersama-sama dengan hasil belajar peserta didik yaitu berada pada taraf sedang. Kata kunci: hasil belajar, kebiasaan belajar, reward. The problem of this research is the low learning outcomes of students, especially in thematic learning. This is due to the learning habits of students who are still not good and giving rewards from educators who are less than optimal. The purpose of this study was to find out a positive and significant relationship between learning habits and learning outcomes, a positive and significant relationship between giving rewards and learning outcomes, a positive and significant relationship between learning habits and giving rewards, and a positive and significant relationship between habits learning and giving rewards together with the learning outcomes of fourth grade students of Metro West SDN 6. This type of research is ex-postfacto correlation. The population is 97 students and the research sample is 97 students. Data collection techniques were carried out namely observation, interviews, questionnaires (questionnaires), and study documentation. The instrument of data collection is a questionnaire with a Likert scale, which was previously tested for validity and reliability. Data analysis used is product moment correlation and multiple correlation. Based on the analysis conducted by the results of the study it can be concluded that there is a positive and significant relationship between learning habits and learning outcomes which is at the moderate level, there is a positive and significant relationship between giving rewards and learning outcomes which is at a low level, there is a positive and significant relationship between learning habits and giving rewards which are at a moderate level, and there is a positive and significant relationship between learning habits and giving rewards together with the learning outcomes of students which is at a moderate level. Keywords: learning outcomes, study habits, reward. PB - FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN TI - HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN PEMBERIAN REWARD DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 6 METRO BARAT AV - restricted ER -