creators_name: Dito Prasetyo, 1513069014 creators_id: - type: other datestamp: 2022-04-13 02:13:31 lastmod: 2022-04-13 02:13:31 metadata_visibility: show title: PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR ispublished: pub subjects: 370 full_text_status: restricted abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Tematik pada peserta didik kelas V SDN 5 Karang Anyar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Tematik kelas V SDN 5 Karang Anyar Kecamatan Jatiagung menggunakan model Cooperative Learning tipe Jigsaw. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data kegiatan dikumpulkan melalui observasi selama tindakan dan tes hasil belajar di setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar tematik dapat ditingkatkan menggunakan model Cooperative Learning tipe Jigsaw. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik, dimulai siklus I pembelajaran 1 sampai 3 menunjukan peningkatan sedangkan siklus II pembelajaran 1 sampai 3 meningkat. Secara keseluruhan dari siklus I ke siklus II hasil belajar peserta didik meningkat. Kata kunci : Cooperative Learning, Hasil Belajar, Jigsaw date: 2019 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Dito Prasetyo, 1513069014 (2019) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/59539/1/1.%20ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/59539/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/59539/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf