%0 Generic %A MAHMUDAN, 1513053163 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:59545 %I FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN %T HUBUNGAN PENDIDIKAN INFORMAL DAN PEMBERIAN MOTIVASI BELAJAR OLEH ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI SE-GUGUS BUDI UTOMO KECAMATAN METRO SELATAN KOTA METRO %U http://digilib.unila.ac.id/59545/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SD Negeri se-Gugus Budi Utomo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara pendidikan informal dan pemberian motivasi belajar oleh orang tua dengan hasil belajar. Jenis penelitian yaitu ex- postfacto korelasi. Populasi berjumlah 79 orang peserta didik dan semua populasi dijadikan sampel penelitian. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan korelasi product moment dan multiple correlation. Berdasarkan analisis yang dilakukan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pendidikan informal dan pemberian motivasi belajar oleh orang tua dengan hasil belajar tematik peserta didik ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,501 berada pada taraf “Cukup Tinggi”. Kata kunci: hasil belajar tematik, motivasi belajar, pendidikan informal. The problem in this study was the low learning outcomes of thematic in fourth class Primary School. This study aims to determine the significant relationship between informal education and giving learning motivation by parents with learning outcomes. This type of research is ex-postfacto correlation. The population is 79 students and all populations are used as research samples. The instrument for data collection is a questionnaire with a Likert scale, which was previously tested for validity and reliability. Data analysis using product moment correlation and multiple correlation. Based on the analysis conducted by the results of the study it can be concluded that there is a significant relationship between informal education and giving learning motivation by parents with learning outcomes indicated by a correlation coefficient of 0.501 at the level of "High Enough". Keywords: informal education, learning motivation, thematic learning outcomes.