%0 Generic %A Pratiwi Lidyawati, 1713021040 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:59546 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH SELF-CONFIDENCE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022) %U http://digilib.unila.ac.id/59546/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-confidence terhadap pemahaman konsep matematis siswa pada pembelajaran daring. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022 yang terdistribusi dalam sepuluh kelas. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling dan terpilihlah siswa kelas VIII J sebanyak 30 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah desain ex post facto. Data penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh dari pengisian angket self-confidence dan tes pemahaman konsep matematis siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dan uji F diperoleh kesimpulan bahwa self-confidence berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa pada pembelajaran daring dan diperoleh persamaan regresi Y=-19+0,41X yang menunjukkan bahwa jika terjadi peningkatan sebesar satu satuan dari self-confidence, maka akan meningkatkan rata-rata pemahaman konsep matematis siswa sebesar 0,41. Koefisien regresi bernilai positif artinya semakin tinggi self-confidence siswa maka pemahaman konsep matematis juga semakin tinggi.