title: PENGARUH PENGGUNAAN LKPD KOMIK BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Swadhipa 1 Natar Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022) creator: Nabila Annida Septasari, 1753021002 subject: 370 Pendidikan subject: 510 Matematika description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKPD komik berbasis inkuiri terbimbing terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swadhipa 1 Natar semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 yang terdistribusi pada tiga kelas yaitu kelas VIIA sampai VIIC. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIB dan kelas VIIC yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang dikumpulkan dengan menggunakan tes uraian pada materi bilangan. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan LKPD komik berbasis inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada pembelajaran menggunakan LKPD berbasis inkuiri terbimbing. Dengan demikian, penggunaan LKPD komik berbasis inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2022-04-12 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/59554/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/59554/4/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/59554/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf identifier: Nabila Annida Septasari, 1753021002 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN LKPD KOMIK BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Swadhipa 1 Natar Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/59554/