%A 1113119028 SAARAH %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMA TUGASKU SEHARI-HARI KELAS II DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES SDN 3 BULUKARTO KECAMATAN GADING REJO PRINGSEWU TP 2014/2015 %X ABSTRAK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMA TUGASKU SEHARI-HARI KELAS II DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES SDN 3 BULUKARTO KECAMATAN GADING REJO PRINGSEWU TP 2014/2015 Oleh SAARAH Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tema tugasku sehari-hari melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Examples non Examples di SDN 3 Bulukarto Kecamatan Gading Rejo Kabupaten Pringsewu. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan siswa, kinerja guru pada proses pembelajaran, untuk mengetahui hasil belajar menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Examples non Examples dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tema tugasku sehari-hari. Hal ini ditunjukan data di mana pada siklus I aktivitas belajar siswa dengan nilai 67 kategori baik. Pada siklus II aktivitas belajar siswa dengan nilai 80 kategori sangat baik. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 60% dari 20 orang siswa, dan meningkat 30% menjadi 90% pada siklus II. Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Kooperatif Tipe Examples non Examples %C Universitas Lampung %D 2014 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints5956