TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints59580 UR - http://digilib.unila.ac.id/59580/ A1 - Tri Yulia Ningrum, 1443053061 Y1 - 2019/// N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi ekperimen dengan desain nonequivalent control group design. Subyek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini dengan tes. Data analisis menggunakan Uji Mann-Whithey U dan Uji t. Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh dan perbedaan penggunaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD AL-Azhar 2 Way Halim Bandarlampung. Hal ini dengan nilai rata-rata matematika pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Ini berarti model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat membantu meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa SD Kata Kunci: : hasil belajar, inkuiri terbimbing, pembelajaran matematika, pengaruh The problem preceded in this research dealt with the low quantity of students learning outcomes in learning mathematics. This research aims to know the effect of Guided Inquiry learning model toward the students learning outcomes in learning mathematics. The researcher used quasi experimental method entailing the research design of nonequivalent group control design. The research used purposive sampling technique. The instruments data enlived in this research is carried out with a test. The analyzing of data used are Mann Whithey Test and independent sample of t-test, in which the result of the data analysis could be concluded that there are effects difference in using Guided Inquiry learning method toward the students learning outcomes with Mathematics Learning in the fourth class of Al-Azhar 2 Way Halim Elementary School, Bandar Lampung. This is shown by the students average scores are followed the learning of Guided Inquiry methodat the experiment class, were more than average of learning outcomes of students who did not use Matematics learning method in control class. Kata kunci : learning outcomes, guided inquiry, mathematics learning PB - FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD AL-AZHAR 2 WAY HALIM BANDARLAMPUNG AV - restricted ER -