%A 1513053033 EMA MUTIARA MURSYID %T HUBUNGAN KETERAMPILAN MENJELASKAN DAN KETERAMPILAN BERTANYA DENGAN HASIL BELAJAR TEMATIK KELAS IV SD NEGERI GUGUS DOKTER WAHIDIN SUDIRO HUSODO KECAMATAN METRO BARAT %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik kelas IV SD Negeri Gugus Dokter Wahidin Sudiro Husodo. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan positif dan signifikan keterampilan menjelaskan dengan hasil belajar, keterampilan bertanya dengan hasil belajar, dan keterampilan menjelaskan dan keteampilan bertanya dengan hasil belajar tematik SD Negeri Gugus Dokter Wahidin Sudiro Husodo. Jenis penelitian yaitu ex-postfacto korelasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, angket (kuesioner), dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan keterampilan menjelaskan dengan hasil belajar, keterampilan bertanya dengan hasil belajar, dan keterampilan menjelaskan dan keterampilan bertanya dengan hasil belajar. Kata kunci: bertanya, hasil belajar tematik, menjelaskan, The problem of this research was the low grade of thematic learning outcomes of 4th SD Dokter Wahidin Sudiro Husodo. The aim of this study is to determine the positive and significant relationship of explaining skills with learning outcomes, asking skills with learning outcomes, and explaining skills and skills to ask together with the learning outcomes of SD Negeri Gugus Dokter Wahidin Sudiro Husodo. The type of research was ex-postfacto correlation. The data collection techniques used are observation, questionnaire, and documentation study. The instrument of data collection is questionnaire with a Likert scale which was previously tested for validity and reliability. Data analysis was done by using product moment correlation and multiple correlation. The results of the study showed that there was a positive and significant relationship between explaining skills with learning outcomes, asking skills with learning outcomes, and explaining skills and asking skills together with learning outcomes. Keywords: ask, explaining skills, learning outcomes %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints59602