title: TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SD N 1 KAMPUNG BARU BANDAR LAMPUNG creator: ENA SANTIANA, 1313053049 subject: 370 Pendidikan description: ABSTRAK PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Kampung Baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini bersifat quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Kampung Baru yang berjumlah 70, yang diambil berdasarkan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi, adapun analisis data untuk mengetahui pengaruh penggunaan model project based learning terhadap hasil belajar IPA menggunakan regresi linear sederhana, sedangkan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA yang menggunakan model PjBL dan yang tidak menggunakan model PjBL digunakan teknik t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model PjBL terhadap hasil belajar IPA. Hal ini terbukti bahwa hasil belajar IPA dengan menggunakan model PjBL lebih baik dibandingkan dengan yang tidak menggunakan model PjBL. Kata kunci : hasil belajar, ilmu pengetahuan alam, project based learning. The problem in this study is the low learning outcomes of natural science students in grade IV SD Negeri 1 Kampung Baru. This study aims to determine the effect of the use of Project Based Learning (PjBL) models on science learning outcomes. This type of research is quasi-experimental research design with nonequivalent control group design. The subjects of this study were 70 class IV SDN 1 Kampung Baru students, who were taken based on a purposive sampling technique. Data collection is done by observation, testing and documentation. While the data analysis is to determine the effect of the use of project based learning models on learning outcomes using linear regression, and to find out the differences in learning outcomes of the experimental class using the PjBL model and the control class that does not use the PjBL model using the t-test technique. The results showed that there was an effect of using the PjBL model on the learning outcomes of Natural Sciences. It is proven that the science learning outcomes with the PjBL model are better than those who do not use the PjBL model. Kata kunci : learning outcomes, project based learning , science publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2019 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/59607/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/59607/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/59607/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: ENA SANTIANA, 1313053049 (2019) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SD N 1 KAMPUNG BARU BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/59607/