%A 0913051008 Harvin Saputra %T UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN DRIBLE DALAM SEPAKBOLA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 30 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013 %X UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN DRIBLE DALAM SEPAKBOLA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 30 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013 Oleh Harvin Saputra Pada penelitian ini mempunyai tujuan memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran drible pada materi pelajaran sepakbola siswa kelas VII A SMP. Metodologi yang digunakana dalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) atau disebut juga CAR (Classroom Action Research), sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 30 Bandar Lampung yang berjumlah 30 siswa. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan dan efektivitas menggunakan model kooperatif tipe TGT dideskripsikan melalui tiga siklus dengan rerata tes awal siswa putri 57,5 dan siswa putra 61,6. Siklus pertama menggunakan model pembelajaran TGT dengan model mendrible lurus menghasilkan nilai siswa putri sebesar 64,3 dengan perhitungan peningkatan 30,7 % dan siswa putra sebesar 70,1 dengan perhitungan peningkatan 53%, Siklus kedua menggunakan model pembelajaran TGT dengan ,model zig zag yang dibantu dengan alat kun menghasilkan nilai rerata siswa putri sebesar 74,4 dengan perhitungan peningkatan 46 % dan siswa putra sebesar 75,7 dengan perhitungan peningkatan 70,6% Siklus ketiga menggunakan model pembelajaran TGT dengan metode zig zag berbentuk L yang di bantu alat kun menghasilkan nilai rerata siswa putri sebesar 85,5 dengan perhitungan peningkatan 100 % dan siswa putra sebesar 89,1 dengan perhitungan peningkatan 100% Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan pembelajaran drible dalam sepakbola pada siswa kelas VII A SMP Negeri 30 Bandar Lampung. Kata Kunci : Model Kooperatif, Drible Dalam Sepakbola dan TGT %C Universitas Lampung %D 2014 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints5961