title: PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE DI SD NEGERI 12 GEDONG TATAAN KECAMATAN GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN creator: YENI PRASTIWI, 1513069076 subject: 372 Pendidikan dasar description: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri 12 Gedong Tataan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik peserta didik kelas IV SD Negeri 12 Gedong Tataan dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing - masing setiap siklus terdiri dari : 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, 4) refleksi. Subjek penelitian adalah pendidik dan peserta didik kelas IV yang berjumlah 25 Peserta Didik, terdiri dari 13 orang laki-laki dan 12 orang perempuan.Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar, data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik yang diperoleh melalui evaluasi soal ulangan hasil belajar yang dilakukan pada akhir siklus di kelas IV SD Negeri 12 Gedong Tataan Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Kata Kunci : hasil belajar, think pair share. publisher: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2019 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/59615/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/59615/7/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/59615/8/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: YENI PRASTIWI, 1513069076 (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE DI SD NEGERI 12 GEDONG TATAAN KECAMATAN GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/59615/