@misc{eprints5962, month = {Desember}, title = {UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION ( STAD ) SISWA KELAS IV SD TUNAS HARAPAN KECAMATAN RAJA BASA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015}, author = {1313093115 Sri Budiarti}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/5962/}, abstract = {ABSTRAK UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION ( STAD ) SISWA KELAS IV SD TUNAS HARAPAN KECAMATAN RAJA BASA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 OLEH SRI BUDIARTI Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN siswa di kelas IV SD Tunas Harapan Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015 melalui pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division ( STAD ) . Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan kinerja guru, serta soal evaluasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division ( STAD ) dapat meningkatkan aktivitas dan hasi belaajar Pkn siswa. Rata-rata aktivitas siswa siklus I adalah 47\% dan pada siklus II 92\%. Hasil belajar siswa siklus I 33\% rata-rata 72 dan pada siklus II meningkat menjadi 84. Ketuntasan belajar siswa siklus I sebesar 38\%, meningkat menjadi 81\% pada akhir siklus II. Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar Model pembelajaran kooperatif tipe STAD} }