%0 Generic %9 Other %A Mediyansyah, 1013041039 %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:5963 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T KONFLIK DALAM CERPEN PADA KUMPULAN CERPEN LAKI-LAKI PEMANGGUL GONI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA %U http://digilib.unila.ac.id/5963/ %X ABSTRAK Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah konflik dalam cerpen pada kumpulan cerpen pilihan Kompas yang berjudul Laki-laki Pemanggul Goni dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan konflik dalam cerpen pada kumpulan cerpen pilihan Kompas yang berjudul Laki-laki Pemanggul Goni dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah cerpen-cerpen dalam kumpulan cerpen pilihan Kompas yang berjudul Laki-laki Pemanggul Goni. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konflik yang terdapat dalam cerpen pada kumpulan cerpen pilihan Kompas yang berjudul Laki-laki Pemanggul Goni adalah konflik manusia dengan dirinya sendiri, konflik manusia dengan manusia, dan konflik manusia dengan masyarakat. Manajemen konflik yang terdapat dalam cerpen pada kumpulan cerpen pilihan Kompas yang berjudul Laki-laki Pemanggul Goni adalah cara menghindar, kompetisi, akomodasi, kompromis, dan kolaborasi. Konflik berimplikasi terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Pembelajaran yang berkitan dengan konflik terdapat pada kelas X, yaitu memaparkan konflik sosial. Kumpulan cerpen pilihan Kompas yang berjudul Laki-laki Pemanggul Goni dapat digunakan sebagai bahan ajar karena terdapat cerpen-cerpen yang mengandung konflik. Kata kunci : bahan ajar, cerita pendek, konflik.