TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints59631 UR - http://digilib.unila.ac.id/59631/ A1 - RAHMA CAHYANI, 1513053145 Y1 - 2019/// N2 - Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas V SD Negeri 4 Metro Utara. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar tematik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 56 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas V SD Negeri 4 Metro Utara. Kata kunci: hasil belajar, mind mapping, tematik. The problem of this research was the low of thematic learning result of fifth grade student at SD Negeri 4 Metro Utara. The purpose of this research was to find out the positive and significant effects on the application of mind mapping learning model of thematic learning result. This research type was experiment. The research design used was non-equivalent control group design. The population of this research was 56 students. The instruments of the research are test and questionnaire. The result showed that there was a positive and significant influence on the aplication of mind mapping learning model to the thematic learning result of fifth grade student of SD Negeri 4 Metro Utara. Keywords: learning result, mind mapping, thematic. PB - FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMPUNG BANDAR LAMPUNG 2019 KELAS V SD NEGERI 4 METRO UTARA AV - restricted ER -