%0 Generic %A MERLIN TIARA PUTRI, 1513053026 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:59632 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS I SEKOLAH DASAR %U http://digilib.unila.ac.id/59632/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca peserta didik masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media puzzle terhadap kemampuan membaca peserta didik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas I berjumlah 40 peserta didik yang sekaligus dijadikan sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian menggunakan observasi dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan rumus uji t, N-gain, dan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh penggunaan media puzzle terhadap kemampuan membaca peserta didik kelas I SD Negeri 2 Pinang Jaya tahun ajaran 2018/2019. Kata kunci : membaca, permulaan, puzzle. The problem in this study is the ability to read students is still low. The purpose of this study was to determine the effect of puzzle media on stu dents' reading abilities. This research method is experimental (quasi-experimental) with the type of pretest-posttest design. The population in this study were 40 students as well as being used as research samples. The research instrument uses observation and tests. Data were analyzed using the t test formula, N-gain, and simple regression. The results showed that there was an influence of the use of puzzle media on the reading ability of Class I students of SD Negeri 2 Pinang Jaya in the academic year 2018/2019. Keywords: beginning, puzzle, reading.