%A 1313093069 Marta Anisa Sari %T PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENTS TEAM ADCHIEVEMENT DEVISION PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 BANYUMAS KECAMATAN BANYUMAS KABUPATEN PRINGSEWU %X ABSTRAK PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ADCHIEVEMENT DEVISION PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 BANYUMAS KECAMATAN BANYUMAS KABUPATEN PRINGSEWU Oleh Marta anisa sari Suatu kegiatan pembelajaran akan sangat bermakna bagi siswa, apabila kegiatan pembelajaran tersebut mengutamakan interaksi dan komunikasi yang baik antara guru dan muridnya, artinya kegiatan pembelajaran yang dilakukan merupakan tempat bagi siswa dalam mengembangkan potensi yang ada pada diri siswa, sehingga tujuan pendidikan yang ingin dicapai dapat terlaksana. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran STAD hasil belajar siswa meningkat?, (2) Bagaimanakah Kreativitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran STAD di kelas VI SD Negeri 2 Banyumas?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 2 Banyumas Kecamatan Banyumas Kabupaten Pringsewu, dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran STAD. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan dan terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, penilaian/pengamatan dan refleksi. Untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Pembelajaran IPS dengan menggunakan Model Pembelajaran STAD dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 2 Banyumas. Pada siklus pertama kreativitas siswa rata-rata kurang aktif (51,60%) dan hasil belajar siswa berkategori kurang dengan persentase 58,63%. Dan pada siklus kedua kreativitas siswa rata-rata cukup aktif (63.14%) dan hasil belajar siswa dari 30 siswa yang tuntas pada siklus I pertemuan I 40% dan pada pertemuan kedua 57%, pada siklus kedua pertemuan pertama 67% dan pada pertemuan kedua meningkat menjadi 83%. Jadi penggunaan model pembelajaran STAD terhadap siswa kelas VI pada siklus III dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPS SD Negeri 2 Banyumas Kecamatan Banyumas Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata kunci: Kreativitas dan Hasil belajar, Model Pembelajaran STAD. %C Universitas Lampung %D 2014 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints5965