TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints59668 UR - http://digilib.unila.ac.id/59668/ A1 - DIAN CITRA WATI, 1613021013 Y1 - 2020/07/14/ N2 - Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe think pair share ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sekampung Udik semester genap tahun pelajaran 2019/2020 yang terdistribusi dalam sebelas kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 sebanyak 32 siswa dan VII-2 sebanyak 30 siswa yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis yang berbentuk uraian pada materi aritmatika sosial. Analisis data penelitian ini menggunakan uji t dan uji proporsi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran TPS lebih tinggi daripada peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dan proporsi siswa yang memiliki pemahaman konsep matematis dengan kategori baik pada kelas yang mengikuti TPS lebih dari 60% dari jumlah siswa. Dengan demikian, pembelajaran TPS efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, pemahaman konsep, pembelajaran TPS PB - FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sekampung Udik Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020) AV - restricted ER -