%0 Generic %A RESI DWI JAYANTI , 1513053037 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:59681 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T HUBUNGAN METODE SCAFFOLDING DENGAN KEMANDIRIAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SEKOLAH DASAR NEGERI PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF SE-KOTA METRO %U http://digilib.unila.ac.id/59681/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara metode scaffolding dengan kemandirian ABK di SD Negeri penyelenggara pendidikan inklusif se�Kota Metro. Jenis penelitian ini yaitu ex-postfacto korelasi. Populasi berjumlah 50 GPK. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh, dimana seluruh populasi dijadikan sampel, sehingga peneliti melakukan uji instrumen di luar populasi Alat pengumpul data yaitu observasi, kuesioner/angket dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Berdasarkan analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara metode scaffolding dengan kemandirian ABK di SD Negeri penyelenggara pendidikan inklusif se-Kota Metro dengan ditunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,263 berada pada taraf rendah. Kata kunci: kemandirian ABK, metode scaffolding, pendidikan inklusif The problem in this research is the still low independence of children with special needs. The purpose of this study was to analyze and investigate a positive and significant relationship between the scaffolding method and the independence of ABK in public elementary schools providing inclusive education throughout Metro City. This type of research is ex-postfacto correlation. The population is 50 GPK. The sample in this study is a saturated sample in which the entire population is taken, so that the researcher tests the instrument outside the population. Data collection tools are observation, questionnaire / questionnaire and documentation study. Data analysis used is product moment correlation. Based on the research data analysis, it can be concluded that there is a positive and significant relationship between the scaffolding method and the independence of ABK in public elementary schools providing inclusive education throughout Metro City with the correlation coefficient of 0.263 shown at a low level. Keywords: ABK independence, inclusive education, scaffolding method