@misc{eprints59705, title = {HUBUNGAN KEDISIPLINAN DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 5 METRO PUSAT}, author = {1513053021 SAFELA NURWIJAYANTI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2019}, url = {http://digilib.unila.ac.id/59705/}, abstract = {Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 5 Metro Pusat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan kedisiplinan dengan hasil belajar, hubungan yang signifikan perhatian orang tua dengan hasil belajar, hubungan yang signifikan kedisiplinan dengan perhatian orang tua, hubungan yang signifikan kedisiplinan dan perhatian orang tua dengan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah ex-postfacto korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 86 peserta didik kelas V dan 86 orang tuanya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi pearson product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan kedisiplinan dengan hasil belajar dengan kriteria tinggi, terdapat hubungan yang signifikan perhatian orang tua dengan hasil belajar dengan kriteria rendah, terdapat hubungan yang signifikan kedisiplinan dengan perhatian orang tua dengan kriteria sangat rendah, terdapat hubungan yang signifikan kedisiplinan dan perhatian orang tua dengan hasil belajar dengan kriteria tinggi. Kata kunci: hasil belajar, kedisiplinan, perhatian orang tua. The problem of this research was the low learning outcomes of fifth grade students at SD Negeri 5 Metro Pusat. The purpose of this research was to determine a significant relationship between discipline and learning outcomes, a significant relationship between parental attention with learning outcomes, a significant relationship between discipline and parental attention, a significant relationship between discipline and parental attention with learning outcomes. The type of research was ex-post facto correlation. The population in this study amounted 86 grade fifth students and 86 parents. The technique of collecting data used observation, interviews, questionnaires, and documentation studies. Hypothesis testing used pearson product moment correlation analysis and multiple correlation. The results of this research indicate that there were significant relationship between discipline and learning outcomes with high criteria, there were significant relationship between parental attention with learning outcomes with low criteria, there were significant relationship of discipline with parental attention with very low criteria, there were significant relationship between discipline and parental attention with learning outcomes with high criteria. Keywords: discipline, learning outcomes, parental attention.} }