title: PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PESERTA DIDIK KELAS V SD creator: SISKA ARISA, 1513053167 subject: 370 Pendidikan subject: 372 Pendidikan dasar description: Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 2 Teluk Betung Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran POE dengan model pembelajaran mind mapping. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-experimental design dengan bentuk one group pretest posttest design. Penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan subjek penelitian peserta didik kelas V sebanyak 56 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar dan lembar observasi. Berdasarkan analisis data menggunakan uji t dan n-gain, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran POE dengan model pembelajaran mind mapping dan hasil belajar menggunakan model pembelajaran POE lebih tinggi daripada menggunakan model pembelajaran mind mapping. Kata Kunci: hasil belajar, mind mapping, predict-observe-explain publisher: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2019 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/59723/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/59723/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/59723/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: SISKA ARISA, 1513053167 (2019) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PESERTA DIDIK KELAS V SD. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/59723/