@mastersthesis{eprints59729, month = {April}, title = {MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS SKS SEBAGAI PENERAPAN PEMBELAJARAN RAMAH ANAK (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 2 KALIANDA)}, school = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, author = {2023012016 LAILI FATHIA}, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/59729/}, abstract = {Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan manajemen kurikulum berbasis SKS sebagai penerapan pembelajaran ramah anak di SMA Negeri 2 Kalianda dengan menggunakan POAC yakni perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif, jenis dan rancangan penelitian studi kasus. Data-data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Tahap analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penarikan kesimpulan dan verivikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum berbasis SKS sebagai penerapan pemebalajaran ramah anak di SMA Negeri 2 Kalianda yakni: 1) Perencanaan Kurikulum Berbasis SKS dengan cara di menyosalisasikan kepada seluruh warga sekolah mengenai konsep pembelajaran tuntas. Sesuai dengan prinsip satuan pendidikan ramah anak yaitu kepentingan terbaik untuk anak dan mengaharagai martabat anak, 2) Penggorganisasian kurikulum berbasis SKS adanya pembentukan Tim guru yang ditunjuk dan pengelompokan peseta didik dalam kelas disesuaikan dengan kecepatan belajarnya, sesuai dengan prinsip ramaha anak non-diskriminasi, dan penghormatan terhadap hak anak, 3) Pelaksanaan Kurikulum berbasis SKS sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan dalam struktur penyelenggara SKS yang berlaku dan sesuai dengan 5 prinsip sekolah ramah anak, 4). Pengawasan kurikulum berbasis SKS di SMA Negeri 2 kalianda dilakukan melalui supervisi, monitoring dan rapat kordinasi . Kata Kunci: manajemen kurikulum berbasis SKS, pembelajaran ramah anak} }