?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGEMBANGAN+E-MODUL+BERBASIS+PROBLEM+UNTUK+MELATIHKAN+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KRITIS+DAN+KETERAMPILAN+KOLABORATIF+PADA+MATERI+GELOMBANG+BUNYI%0D%0A&rft.creator=Waskita+Nuidhar+Inayati%2C+1713022045&rft.subject=507+Pendidikan%2C+penelitian%2C+topik+terkait+ilmu+pengetahuan+alam&rft.description=Penelitian+pengembangan+ini+bertujuan+untuk+mendeskripsikan+kevalidan%2C+kepraktisan%2C+dan+keefektifan+e-modul+berbasis+problem+pada+materi+gelombang+bunyi+untuk+melatihkan+kemampuan+berpikir+kritis+dan+keterampilan+kolaboratif+siswa.+Penelitian+ini+menggunakan+metode+pengembangan+Design+%26+Development+Reasearch+(DDR)%2C+yang+terdiri+dari+4+tahap+yaitu+analysis%2C+design%2C+development%2C+dan+evaluation.+Hasil+penelitian+pendahuluan+yang+dilakukan+pada+tahap+analysis+didapatkan+informasi+mengenai+kesulitan+pembelajaran+diantaranya+kurangnya+representasi+secara+visual+dalam+bahan+ajar%2C+pembelajaran+di+kelas+tidak+melakukan+praktikum%2C+dan+materi+gelombang+bunyi+yang+abstrak.+Oleh+karena+itu+peneliti+mengembangkan+e-modul+berbasis+problem+yang+didalamnya+terdapat+aktivitas+pembelajaran+yang+dapat+mstimulus+keterampilan+berpikir+kritis+dan+kolaboratif+siswa.+Pada+tahap+design+peneliti+mengumpulkan+referensi+untuk+pembuatan+e-modul%2C+membuat+storyboard+dan+mendesain+konten+e-modul+serta+membut+instrumen+kevalidan+produk%2C+keterbacaan%2C+persepsi+guru%2C+dan+respon+siswa.+Pada+tahap+development+dilakukan+uji+kevalidan%2C+kepraktisan+dan+keefektifan+produk.+Kevalidan+produk+dinilai+oleh+3+orang+ahli+dengan+hasil+skor+rata-rata+sebesar+3%2C85+dengan+kategori+valid.+Kepraktisan+produk+terdiri+dari+keterbacaan+dan+persepsi+guru+tentang+kesesuaian+kegiatan+berbasis+problem+dalam+e-modul%2C+diperoleh+persentase+rata-rata+sebesar+85%25+terkategori+praktis.+Keefektifan+produk+ditinjau+berdasarkan+respon+siswa+terhadap+kemampuan+berpikir+kritis+dan+keterampilan+kolaboratif+yang+dilatihkan+setelah+menggunakan+e-modul%2C+dengan+persentase+keefektifan+produk+sebesar+75%25+terkatergori+efektif.+Berdasarkan+analisis+data+disimpulkan+bahwa+e-modul+yang+dikembangkan+terkategori+valid%2C+praktis+dan+efektif+untuk+melatihkan+kemampuan+berpikir+kritis+dan+keterampilan+kolaboratif+siswa+pada+materi+gelombang+bunyi.%0D%0A%0D%0AKata+kunci%3A++E-modul%2C+Kemampuan+Berpikir+Kritis%2C+Keterampilan+Kolaboratif%0D%0A&rft.publisher=Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2022-03-18&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F59778%2F1%2F1.%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F59778%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F59778%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMAHASAN.pdf&rft.identifier=++Waskita+Nuidhar+Inayati%2C+1713022045++(2022)+PENGEMBANGAN+E-MODUL+BERBASIS+PROBLEM+UNTUK+MELATIHKAN+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KRITIS+DAN+KETERAMPILAN+KOLABORATIF+PADA+MATERI+GELOMBANG+BUNYI.++Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F59778%2F