TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints59782 UR - http://digilib.unila.ac.id/59782/ A1 - KAUTSAR WAFIYAH, 1816051052 Y1 - 2022/03/24/ N2 - Avoskin merupakan salah satu produk perawatan kulit yang telah menjual lebih dari 5 miliar produk dalam setahun melalui e-commerce di Indonesia. Kebutuhan akan produk perawatan kulit yang semakin tinggi dan pasar yang semakin besar memunculkan banyak pesaing bagi Avoskin. Agar dapat bertahan dan memenangkan persaingan, Avoskin perlu terus memberikan produk yang berkualitas dan pelayanan terbaik. Sangat penting untuk melihat dari sudut pandang pengguna produk untuk dapat mengetahui kebutuhan dan keinginan pelanggan guna memberikan pelayanan maksimal. Customer journey mapping merupakan salah satu alat untuk menganalisis pengalaman pelanggan dalam beriteraksi dengan produk atau layanan. Melalui analisis interaksi tersebut dapat diketahui kelemahan dan kelebihan produk dan layanan untuk selanjutnya dilakukan evaluasi dan perbaikan. Penelitian ini dilakukan guna menganalisa elemen-elemen customer journey map pada tahap pra-pembelian, tahap pembelian, dan tahap pasca pembelian pengguna produk Avoskin. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner pada 70 anggota aktif komunitas Rubi by Avoskin yang dipilih secara acak. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif untuk memberikan gambaran perjalanan pelanggan Avoskin. Hasil penggambaran customer journey map menunjukkan bahwa pengguna produk Avoskin merasa puas dan nyaman selama melalui perjalanan pelanggan dan berinteraksi dengan produk Avoskin. Kata kunci: customer journey mapping, customer experience, perawatan kulit PB - FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK TI - CUSTOMER JOURNEY MAPPING PADA PENGGUNA PRODUK PERAWATAN KULIT (Studi pada Konsumen Produk Avoskin) AV - restricted ER -