creators_name: IMAWATI ROHANA, 1713022041 creators_id: imawatirohana43@gmail.com type: other datestamp: 2022-04-14 06:38:08 lastmod: 2022-04-14 06:38:08 metadata_visibility: show title: PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY LABORATORY PADA MATERI ELASTISITAS BERBASIS E-LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA ispublished: pub subjects: 370 subjects: 530 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaranguided inquiry laboratorypada materi elastisitas berbasise-learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswasecara keseluruhan danterhadap masing-masingindikatorkemampuan berpikir kritis.Desain penelitian ini yaitu pre experimental designdengan jenisone group pre-test post-test design.Penelitian ini menerapkan model pembelajaranguided inquiry laboratorypada dua kelas sampel yaitu kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5.Datates kemampuan berpikir kritis siswabaikpre-testmaupunpost-testdiuji menggunakananalisis independent sample t-test,diperoleh nilaisig. (2-tailed) pre-testsebesar 0,03 yang menujukan terdapat perbedaan yang signifikan dansig. (2-tailed)post-test diperoleh0,06 yang menunjukan tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa pada kedua kelas sampel setelah diberi perlakukan.Kemudian hasil analisis ujiN-gainmenunjukan nilairata-rataN-gainsebesar 0,36 dengan kategori sedangdanhasil ujiN-gainpada masing-masingindikator kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan, pada indikator menganalisis argumen59%,bertanya dan menjawab pertanyaan18%, menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi sebesar45%, membuat dan menentukan hasil pertimbangan24%,danmenentukan suatu tindakan39%.Kemudian pada uji hipotesispaired sample t-testdiperoleh nilaisig. (2-tailed)sebesar 0,000.Hal ini menunjukanbahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaranguided inquiry laboratorypada materi elastisitas berbasise-learningterhadap kemampuan berpikir kritis siswa secara keseluruhandanterhadapmasing-masingindikator kemampuan berpikir kritissiswa. Kata Kunci :kemampuan berpikir kritis, elastisitas, model pembelajaran guided inquiry laboratory date: 2022-03-18 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 1713022041 citation: IMAWATI ROHANA, 1713022041 (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY LABORATORY PADA MATERI ELASTISITAS BERBASIS E-LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/59792/1/1.%20ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/59792/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/59792/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf