TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints598 UR - http://digilib.unila.ac.id/598/ A1 - Zainuddin, Apriyana Y1 - 2014/01/21/ N2 - Penelitian berlatar belakang dari rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SDN 3 Kebagusan Pesawaran khususnya pada mata pelajaran Matematika. Tujuan penelitian untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika melalui pengguaan model pembelajaran contextual teaching and learning(CTL) dengan media realia. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus dan masing-masing siklus melalui empat tahapan, yaitu perencanaan (planning), Tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflection). Teknik pengambilan data penelitian dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar, dengan menggunakan lembar observasi dan tes formatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif, kualitatif dan t test. Persentase aktivitas siswa siklus 1 adalah 61,01%, siklus II meningkat menjadi 70,00%, dan siklus III meningkat menjadi 82,75%. Hasil belajar siswa dengan KKM >55 siklus I adalah 17,39%, siklus II meningkat menjadi 60,87%, dan siklus III meningkat 82,61%. Peningkatan hasil belajar siswa didukung dengan uji perbedaan nilai tes formatif menggunakan uji t pada siklus I dan II diperoleh thitung 5,01 > ttable 2,074, siklus II dan III diperoleh hasil thitung 8,49 > ttable 2,074 pada ?=0,05.Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran CTL dengan media realia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: model CTL, media realia, aktivitas, hasil belajar. PB - FKIP TI - PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MEDIA REALIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VA SDN 3 KEBAGUSAN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013 AV - restricted ER -