title: PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI PADA GURU GEOGRAFI DI SMAN 15 BANDAR LAMPUNG TAHUN 2021 creator: INDAH WULANDARI, 1753034004 subject: 370 Pendidikan subject: 900 Sejarah dan Geografi description: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran online di masa pendemi pada guru geografi di SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru geografi di SMA Negeri 15 Bandar Lampung sebanyak 2 responden sedangkan objek dalam penelitian ini ialah pembelajaran online. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik utama yaitu wawancara dan teknik penunjang yaitu observasi dan studi pustaka. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik analisis data Model Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan penerapan pembelajaran online di masa pendemi yaitu pemahaman guru terhadap pembelajaran dapat terlihat bahwa guru sudah menggunakan prinsip-prinsip pembelajaran online, penggunaan media pembelajaran yang masih monoton, serta penggunan metode guru membuat pembelajaran pasif, sarana dan prasarana yang disediakan sekolah dapat menunjang pembelajaran guru dan kendala yang dialami guru dalam pembelajaran online ini ialah kendala pemberian materi, waktu pembelajaran yang sedikit, dan kurangnya interaksi antara siswa dan guru. Kata Kunci : pembelajaran online, pembelajaran geografi, guru. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2022-02-14 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/59800/1/1.%20ABSTRAK%20-%20ABSTRACT.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/59800/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/59800/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: INDAH WULANDARI, 1753034004 (2022) PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI PADA GURU GEOGRAFI DI SMAN 15 BANDAR LAMPUNG TAHUN 2021. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/59800/