title: BAHASA VERLAN DALAM LIRIK LAGU RAP PRANCIS KAARIS PADA ALBUM 2.7.0 DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA PRANCIS DI SMA creator: DELLA DELIANA, 1753044001 subject: 370 Pendidikan subject: 400 Bahasa subject: 440 Bahasa Prancis dan bahasa Roman yang berkaitan description: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripskan bentuk bahasa verlan yang terdapat dalam lirik lagu rap Prancis pada album 2.7.0 Kaaris serta implikasiya dalam pembelajaran bahasa Prancis di SMA. Data pada penelitian ini adalah seluruh kata yang mengalami verlanisasi atau yang merupakan kosakata bahasa verlan pada lirik lagu rap Prancis dalam album 2.7.0 Kaaris. Sumber data pada penelitian ini yaitu 5 lirik lagu rap Prancis dari album 2.7.0 Kaaris. Pada penlitian ini data dikumpulkan dengan menggunakan metode simak dan dengan teknik simak bebas libat cakap (SBLC). Selanjutnya, untuk menganalisis data, digunakan metode padan dengan teknik pilah untur penentu (PUP). Selain itu, keabsahan data pada penelitian ini diperoleh melalui expert judgement dan realibilitas intra-rater. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 31 data yang mengalami verlanisasi. Data-data tersebut terdiri atas 15 data verlan dengan satu silaba, 15 data verlan dengan dua silaba, dan 1 data verlan dengan tiga silaba. Hasil penelitian ini kemudian dapat diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Prancis pada tingkat sekolah menengah atas (SMA). Kata kunci: verlan, verlanisasi, lirik lagu rap, silaba publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2022-02-22 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/59822/1/1.%20ABSTRAK%20-%20RESUME.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/59822/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/59822/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: DELLA DELIANA, 1753044001 (2022) BAHASA VERLAN DALAM LIRIK LAGU RAP PRANCIS KAARIS PADA ALBUM 2.7.0 DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA PRANCIS DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/59822/