%0 Generic %A WILDASARI, 1813022030 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:59852 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T IMPLEMENTASI MODEL PBL DENGAN PENDEKATAN STEM BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK %U http://digilib.unila.ac.id/59852/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada pembelajaran hukum Newton tentang gerak kelas eksperimen dengan mengimplementasikan model PBL dengan pendekatan STEM berbantuan google classroom dan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran yang biasa diterapkan di sekolah dengan menggunakan pendekatan saintifik. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 15 Bandar Lampung menggunakan quasi experiment dengan jenis non-equivalent control group design. Pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel kelas X MIPA 2 berjumlah 35 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 berjumlah 35 peserta didik sebagai kelas kontrol. Data dianalisis dengan uji N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, uji Paired Sample T-Test, uji Independent Sample T-Test dan uji Effect size. Rata-rata N-gain kemampuan berpikir tingkat tinggi pada kelas eksperimen sebesar 0,58 dan kelas kontrol sebesar 0,43 dengan kategori keduanya adalah sedang. Hasil uji Paired Sample T-Test diperoleh nilai Sig. (2-Tailed) sebesar 0,000 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi sebelum dan sesudah pembelajaran. Hasil uji Independent Sample T Test diperoleh nilai Sig. (2-Tailed) sebesar 0,000 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata N-gain kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Besarnya keefektifan penerapan model PBL dengan pendekatan STEM berbantuan google classroom ditunjukkan dengan skor Effect size (d) sebesar 1,03 (besar). Hasil penelitian pada kelas eksperimen yang menggunakan model PBL dengan pendekatan STEM menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang lebih tinggi dari kelas kontrol. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Problem Based Learning (PBL), Pendekatan STEM, Google Classroom