?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=1713024039&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=KAJIAN+KEMAMPUAN+BERARGUMENTASI+SISWA+PADA+MATERI+POKOK+SISTEM+RESPIRASI+MELALUI+PENDEKATAN+SAINTIFIK+DI+SMA+DENGAN+PERINGKAT+AKREDITASI+YANG+BERBEDA%0D%0A&rft.creator=RIA+AFRILIA%2C+1713024039&rft.subject=507+Pendidikan%2C+penelitian%2C+topik+terkait+ilmu+pengetahuan+alam&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+perbedaan+kemampuan+berargumentasi+siswa+pada+materi+pokok+sistem+respirasi+melalui+pendekatan+saintifik+di+SMA+dengan+peringkat+akreditasi+yang+berbeda.+Populasi+dalam+penelitian+ini+adalah+seluruh+siswa+kelas+XII+jurusan+IPA+di+SMA+Negeri+1+Baradatu+dengan+peringkat+akreditasi+A%2C+SMA+Negeri+2+Buay+Bahuga+dengan+peringkat+akreditasi+B+dan+MA+Miftahul+Ulum+Way+Tuba+dengan+peringkat+akreditasi+terakreditasi+C.+Sampel+dicuplik+dengan+teknik+purposive+sampling+dan+diperoleh+sampel+62+orang+dari+SMA+terakreditasi+A%2C+73+orang+dari+SMA+terakreditasi+B+dan+31+orang+dari+SMA+terakreditasi+C.+Desain+penelitian+yang+digunakan+adalah+desain+ex+post+facto.+Data+dikumpulkan+melalui+tes+kemampuan+berargumentasi%2C+wawancara+guru%2C+studi+dokumentasi+dan+angket+tanggapan+siswa.+Data+kemampuan+berargumentasi+dianalisis+dengan+uji+Anova+satu+jalan+dan+uji+BNT+pada+taraf+signifikansi+5%25%2C+data+hasil+wawancara+dan+studi+dokumentasi+dianalisis+secara+deskriptif+kualitatif+dengan+model+Miles+dan+Huberman%2C+data+angket+dianalisis+secara+deskriptif+dalam+bentuk+persentase.+Hasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+terdapat+perbedaan+kemampuan+berargumentasi+yang+nyata+diantara+siswa+SMA+dengan+peringkat+akreditasi+A%2C+B+dan+C+(sig.+%3C+0%2C05).+Rerata+kemampuan+berargumentasi+siswa+dari+SMA+terakreditasi+A+lebih+tinggi+daripada+SMA+terakreditasi+B+dan+C+namun+rerata+nilai+ketiga+sekolah+tergolong+sangat+kurang.+Siswa+dari+SMA+terakreditasi+A%2C+B+dan+C+dapat+memberikan+claim+dengan+baik%2C+namun+belum+bisa+memberikan+grounds%2C+warrant+dan+backing+yang+relevan+dengan+claim+yang+dipilih.+Hal+ini+dikarenakan+siswa+belum+terbiasa+mengerjakan+soal-soal+argumentasi+dan+guru+belum+mengoptimalkan+kegiatan+pembelajaran+dengan+pendekatan+saintifik.+%0D%0A%0D%0AKata+kunci%3A+kemampuan+berargumentasi%2C+pendekatan+saintifik%2C+peringkat+akreditasi+berbeda%2C+materi+sistem+respirasi&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2022-04-06&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F59854%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F59854%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F59854%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++RIA+AFRILIA%2C+1713024039++(2022)+KAJIAN+KEMAMPUAN+BERARGUMENTASI+SISWA+PADA+MATERI+POKOK+SISTEM+RESPIRASI+MELALUI+PENDEKATAN+SAINTIFIK+DI+SMA+DENGAN+PERINGKAT+AKREDITASI+YANG+BERBEDA.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F59854%2F